Makalah Riskiyah
MAKALAH
PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK SERTA KOGNITIF PADA ANAK
( ada logo unesa disini )
Disusun oleh :
RISKIYAH AYU ABANDAH SYAHLANA
2010c
101 684 235
PG-PAUD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang atas rahmat dan karunianya maka penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
"Perkembangan fisik motorik serta kognitif pada Anak"
Dalam menyelesaikan makalah,ini saya merasa masih banyak kekurangan,baik pada teknik penulisan maupun materi, mengingat kemampuan yang dimiliki.
Namun, berkat kesungguhan, ikhtiar dan dorongan dari teman-teman, kendala-kendala tersebut dapat diatasi.
Dalam menyajikan makalah ini, kekurangan dan kesalahan pasti ada. Maka dari itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca,
agar makalah ini menjadi lebih baik. Selain itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yaitu Drs.Masengut Sukidi,M.Pd
yang telah membimbing dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya,saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk saat ini dan kehidupan yang akan datang.
Surabaya, 11 Mei 2011
Penulis:
BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dimasa awal anak-anak, seorang anak mengalami peningkatan yang dramatis pada keterampilan motorik kasar. Anak-anak menjadi lebih berani ketika keterampilan motorik kasar mereka meningkat. Selain itu, hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan fisik yang cepat yang menyebabkan anak semakin tinggi dan semakin besar, maka kemampuan fisik merekapun meningkat. Beberapa macam kemampuan fisik yang cukup nyata perkembangannya pada masa ini adalah: kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Oleh karenanya kehidupan anak-anak sangat aktif, lebih aktif dari pada titik lain manapun pada siklus kehidupan. Selain berkembang secara motorik dan fisik, anak-anak juga akan selalu mengalami perkembangan kognitif.
Rumusan Masalah
Berikut rumusan-rumusan masalah yang telah di paparkan di atas antara lain sebagai berikut:
1. Bagaimana perkembangan fisik pada anak?
2. Bagaimana perkembangan motorik pada anak?
3. Apa saja gangguan perkembangan motorik pada anak?
4. Apa saja contoh perkembangan motorik pada anak?
5. Bagaimana perkembangan kognitif?
6. Bagaimana teori perkembangan kognitif?
7. Bagaimana tahap teori perkembangan kognitif?
BAB 2
PEMBAHASAN
1. Perkembangan Fisik
Pertumbuhan fisik pada masa ini lambat dan relatif seimbang. Peningkatan berat badan anak lebih banyak dari pada panjang badannya. Peningkatan berat badan anak terjadi terutama karena bertambahnya ukuran sistem rangka, otot dan ukuran beberapa organ tubuh lainnya. Seorang anak,belajar bagaimana untuk berguling dan merangkak,merupakan bagian dari proses perkembangan fisik. Proses pematangan terjadi secara teratur, yaitu kemampuan keterampilan tertentu dan umumnya terjadi sebelum mencapai tonggak lainnya.
Perkembangan fisik pada anak-anak mengikuti pola yang terarah,Yaitu :
A. Otot besar berkembang sebelum otot kecil tangan
B. Pusat tubuh berkembang sebelum daerah luar
C. Pembangunan berjalan dari atas ke bawah, dari kepala ke jari kaki.
2. Perkembangan Motorik
Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan ini berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot Anak. Sehingga, setiap gerakan sesederhana apapun, adalah hasil pola interaksi yang kompleks.Perkembangan motorik meliputi dua tahapan yaitu :
1.Motorik kasar :
Adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Perkembangan motorik kasar dipengaruhi oleh proses kematangan anak. Karena proses kematangan setiap anak berbeda, maka laju perkembangan seorang anak bisa saja berbeda dengan anak lainnya.
2.Motorik halus :
Adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting agar anak bisa berkembang dengan optimal.
Beberapa perkembangan motorik (kasar maupun halus) selama periode ini, antara lain :
a). Anak Usia 5 Tahun
- Mampu melompat dan menari
- Menggambarkan orang yang terdiri dari kepala, lengan dan badan
- Dapat menghitung jari û jarinya
- Mendengar dan mengulang hal û hal penting dan mampu bercerita
- Mempunyai minat terhadap kata-kata baru beserta artinya
- Memprotes bila dilarang apa yang menjadi keinginannya
- Mampu membedakan besar dan kecil
b). Anak Usia 6 Tahun
- Ketangkasan meningkat
- Melompat tali
- Bermain sepeda
- Mengetahui kanan dan kiri
c). Anak Usia 7 Tahun
- Mulai membaca dengan lancar
- Cemas terhadap kegagalan
- Peningkatan minat pada bidang spiritual
d). Anak Usia 8 û 9 Tahun
- Kecepatan dan kehalusan aktivitas motorik meningkat
- Mampu menggunakan peralatan rumah tangga
- Ketrampilan lebih individual
- Menyukai kelompok dan mode
e). Anak Usia 10 û 12 Tahun
- Perubahan sifat berkaitan dengan berubahnya postur tubuh yang berhubungan dengan puberta
Posting Komentar